Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani Di SMA Al-Furqan Jember

Rofi, Sofyan and Huda, Hairul and Karimah, Afifatul (2021) Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani Di SMA Al-Furqan Jember. LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE, 3 (2). pp. 43-47. ISSN 2721-3250

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode Ummi yang di gunakan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di SMA Al-Furqan Jember.dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dimana penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan data dan untuk pengumpulan datanya melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.serta untuk analisis data dilakukan dengan mereduksi data,menyajikan data dan disimpulkan. untuk penguji keabsahan data meliputi : kredibilitas (kepercayaan) dan konfirmabilitas (kepastian).hasil temuan menunjukan bahwasanya proses pembelajaran Al-Qur’an metode ummi memiliki empat model pembelajaran yaitu privat individual,klasikal individual,klasikal baca simak dan klasikal baca simak murni. dalam pembelajrannya model pembelajaran metode ummi yang sering digunakan yaitu klasikal baca simak dan klasikal baca simak murni.dalam proses pembelajarannya terdapat evaluasi diantaranya yaitu ujian lisan dan ujian tulis.selain itu untuk mencetak generasi qur’ani di SMA Al-Furqan Jember bekerja sama dengan Ummi Faondation Pusat untuk mengadakan sertifikasi guru ummi dengan syarat mutlak yaitu lulus tashih,tahsin dan supervise guru. Dan dalam proses pembelajarannya ada faktor pendukung yaitu : kedislipinan guru, semangat siswa, fasilitas,sumber media yang memadai serta jurnal penilaian yang lengkap.faktor penghambat yaitu : kemalasan siswa dan hubungan “segitiga emas”(hubungan keluarga,guru dan lingkungan siswa) yang kurang mendukung, serta kemampuan siswa yang bervariasi dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Mrs Kholila Asmi
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:27
Last Modified: 27 Jun 2023 04:27
URI: http://repository.unizar.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item
View Item