Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V dengan Metode Demonstasi di SDK Apinggoot pada Tahun Ajaran 2019/2020

Yuvensia, Yovita (2021) Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V dengan Metode Demonstasi di SDK Apinggoot pada Tahun Ajaran 2019/2020. LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE, 3 (2). pp. 22-28. ISSN 2721-3250

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDK Apinggoot pada materi fotosintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V, kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi fotosintesis di kelas V SDK Apinggoot, serta performansi guru kelas yang telah dicapai pula. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus ini membuktikan kebenaran hipotesis tindakan yang telah dirumuskan. Artinya bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang fotosintesis di kelas V SDK Apinggoot.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Mrs Kholila Asmi
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:26
Last Modified: 27 Jun 2023 04:26
URI: http://repository.unizar.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item