Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Jigsaw

Satriyantara, Rio and Zarkasi, Zarkasi and Ainun, Rismayatun (2022) Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Jigsaw. LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE, 4 (2). pp. 1-5. ISSN 2721-3250

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas tentang Metode Jigsaw yang mampu meningkatkan hasil belajar.Hasil belajar yang selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Kelas XI MIA 4 selamatiga tahun ke belakang menjadi latar belakang penulisan ini. Metode Jigsaw adalah suatumetode pembelajaran yang menekankan siswa atau mahasiswa untuk aktif dalam memahamimateri. Metode Jigsaw ini didesain berkelompok yang terdiri atas Kelompok Asal dan KelompokAhli. Kelompok Ahli adalah beberapa siswa dengan kemampuan lebih. Mereka diberikan materiterlebih dahulu kemudian kembali ke Kelompok Asal untuk mendiskusikan materi tersebut.Dalam penelitian ini, Metode Jigsaw (yang dilakukan dalam tiga tahap) mampu meningkatkanhasil belajar siswa. Tahap 1, diperoleh nilai ketuntasan belajar sebesar 80,5 dimana rata-ratakelas sebesar 82,8. Beberapa siswa masih berada dalam tahap adaptasi dengan metode baruini. Tahap 2 dihasilkan ketuntasan belajar 86,5 dengan rata-rata kelas 86,6. Siswa sudahmulai memahami metode baru. Penelitian dapat dikatakan berhasil. Tahap 3 dihasilkanketuntasan belajar sebesar 93,3 dan rata-rata kelas senilai 90,2. Berdasarkan hasil penelitiandan indikator keberhasilan, penelitian ini dikatakan terbukti dan sukses. Metode Jigsaw mampumeningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 4 pada Mata Pelajaran Matematika MateriMatriks.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas MIPA > Biologi > Publikasi
Depositing User: Admin Adminperpus UNIZAR
Date Deposited: 26 Jun 2023 10:25
Last Modified: 26 Jun 2023 10:25
URI: http://repository.unizar.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item
View Item