PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN AKUNTANSI DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PEMBUATAN PENCATATAN AKUNTANSI PELAKU USAHA CAFE DESA KURANJI DALANG

Agus, Firman (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN AKUNTANSI DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PEMBUATAN PENCATATAN AKUNTANSI PELAKU USAHA CAFE DESA KURANJI DALANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_sarjana' not defined] thesis, Universitas Islam Al-Azhar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
JURNAL SKRIPSI AGUS.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan, pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha berpengaruh terhadap pembuatan pencatatan akuntansi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilakukan pada 30 pelaku usaha cafe di Desa Kuranji Dalang. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Berdasarkan hasil uji T (parsial) pada variabel tingkat Pendidikan (X1) diperoleh Nilai thitung lebih kecil nilainnya dengan ttable (0,491) > (1,703), dengan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,005) hal ini menunjukan bahwa variabel tingkat Pendidikan tidak berpengaruh signifikan secara parsial (2) Berdasarkan hasil uji T (parsial) pada variabel pengetahuan akuntansi (X2) diperoleh Nilai thitung lebih besar nilainnya dengan ttable (2,327) > (1,703), dengan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,005) hal ini menunjukan variabel Pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan secara parsial. (3) Berdasarkan hasil uji T (parsial) pada variabel pengalaman usaha (X3) diperoleh Nilai thitung lebih kecil nilainnya dengan ttable (1,592) > t table (1,703), dengan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,005) hal ini menunjukan variabel pengalaman usaha tidak berpengaruh signifikan secara (4) Berdasarkan hasil uji (simultan) diperoleh hasil bahwa fhitung besar dari ftabel (5,549 > 2,960) dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan, pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha secara bersama-sama atau secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses pencatatan akuntansi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_sarjana' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi > Publikasi
Depositing User: Admin Adminperpus UNIZAR
Date Deposited: 22 May 2023 03:33
Last Modified: 25 May 2023 13:01
URI: http://repository.unizar.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item
View Item